Sabtu, 15 September 2012

HEBATNYA SANG DALANG MELESTARIKAN BUDAYA DAN MENGHARUMKAN NAMA BANGSA

WAYANG KULIT
            Diatas panggung ,layar putih terbentang diterangi sinar lampu minyak.Wayang-wayang yang terbuat dari kulit berjejer.Ada juga seperangkat gamelan beserta penabuhnya.Sang siden pun telah siap.Namun, mengapa pertunjukan wayang kulit belum dimulai,ya ? Coba tebak, apa yang masih kurang ? Benar ! Belum ada orang yang menggerakan wayang-wayang tersebut.Dialah sang Dalang .
            Kalau kamu pernah menonton pertunjukan wayang, tentu kamu akan dapat melihat kehebatan seorang dalang. Bayangkan,kedua tangannya yang memegang wayang bergerak kesana kemari.Mulutnya terus bersuara memerankan  tokoh - tokoh yang berbeda .

            Ia pun sesekali melantunkam lagu pengantar cerita wayang.Pada saat bahagia yang lucu, dalang juga bisa melawak ! Paling tidak, dalang bisa memancing tawa penonton.Wah, tentu pertunjukannya menjadi segar,ya.
            Hmm,sulit ya menjadi seorang dalang ? Lalu bagaimana kalau harus mendalang selama 24jam nonstop ? Ada dalang yang pernah melakukannya. Dia adalah Pak Manteb Soedarsono. Dia pernah mendalang selama 24jam tanpa berhenti di Radio Republik Indonesia ( RRI ) Semarang.Prestasinya itu dicatat dimusium Rekor Indonesia ( Muri ) 
            Berkat provesinya sebagai dalang, Pak Manteb sudah ke negri orang 
Spanyol,Jerman,Swis,Amerika Serikat,Suriname,Perancis,Australia,Belgiam Hongaria, dan Jepang sudah pernah dikunjunginya.Tanggapan bangsa lain pada budaya wayang di mancanegara sehingga sudah pernah dikunjunginya.
            

3 komentar:

Bodin Lingga mengatakan...

Iki piye koq malih nggak nate di update...?? waduh...ayah dah siapin kamu jadi blogger,malah main facebook -an aja...!!!!!!! Hem.....

Unknown mengatakan...

apakah prestasi pak manteb

Learn Digital Marketing mengatakan...

Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

Posting Komentar

Kawan Tinggalkan Komentar dibawah ini Ya...Terimakasih atas Kunjungannya

Template by:

Free Blog Templates